Ombudsman Tegaskan Pentingnya Layanan Publik Bebas Maladministrasi di Tubaba

Ombudsman Tegaskan Pentingnya Layanan Publik Bebas Maladministrasi di Tubaba

Ombudsman Tegaskan Pentingnya Layanan Publik Bebas Maladministrasi di Tubaba--Ist

TUBABA, INFOWAW.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, melalui bagian organisasi sekretariat Pemerintah Daerah (Pemda) setempat, menyambut baik kedatangan jajaran Ombudsman Republik Indonesia (RI) Perwakilan Provinsi Lampung. 

Hal tersebut upaya memperkuat sinergitas dalam peningkatan kualitas pelayanan publik oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah Kabupaten Tubaba secara berkelanjutan.

Pada kesempatan itu, Bupati Novriwan Jaya, menyampaikan apresiasi atas kedatangan jajaran Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Lampung yang telah berkenan hadir dan bersinergi bersama Pemkab Tubaba.

“Kehadiran Ombudsman hari ini merupakan kehormatan sekaligus motivasi bagi kita semua untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik di daerah ini” Kata Novriwan, Rabu, 13 Agustus 2025.

BACA JUGA:Apresiasi Tenaga Medis, Wabup Lampung Tengah Kunjungi Puskesmas Kota Gajah

Menurutnya, pelayanan publik yang berkualitas merupakan hak setiap warga negara sekaligus kewajiban pemerintah untuk memenuhinya.

“Tantangan ke depan adalah Bagaimana mewujudkan pelayanan yang cepat, transparan, akuntabel, dan berkeadilan di seluruh lini pemerintahan, mulai dari tingkat kabupaten hingga Tiyuh (Desa),” terangnya.

Sinergi dengan Ombudsman merupakan sebagai langkah strategis untuk memastikan standar pelayanan publik sesuai dengan prinsip-prinsip good governance.

“Melalui pendampingan, evaluasi, dan masukan dari Ombudsman, diharapkan setiap unit pelayanan mampu memperbaiki kekurangan, memperkuat inovasi, serta membangun budaya pelayanan yang berorientasi pada kepuasan masyarakat,” jelasnya. 

BACA JUGA: Kesaksian Terdakwa Diduga Rekayasa, Orangtua Korban Tabrak Lari Minta Keadilan

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Lampung, Nur Rakhman Yusuf, dalam sambutannya menegaskan, pihaknya akan terus mendorong dan mengawasi pelaksanaan pelayanan publik di Tubaba agar lebih profesional dan bebas dari praktik maladministrasi.

“Pelayanan publik bukan hanya soal memenuhi prosedur, tapi juga soal menghadirkan kenyamanan, kepastian, dan rasa keadilan bagi masyarakat. Jangan ada pegawai yang malas, jarang masuk, tapi menerima tunjangan kinerja sama seperti yang rajin,” tegas Kepala Ombudsman

Lanjut dia, Disiplin merupakan kunci, dan penghargaan harus diberikan kepada mereka yang berprestasi, sebab itu, Ia mengajak seluruh jajaran Pemkab Tubaba untuk menjadikan momentum ini sebagai awal perbaikan berkelanjutan, dengan mengedepankan integritas, inovasi, dan keterbukaan. 

BACA JUGA:Dosen dan Alumni UM Metro Borong Penghargaan Nasional di Bidang Kebudayaan

Tag
Share
Berita Lainnya